Cover Buku
(KUASAI DIRIMU)
#Prinsip Dasar Desain Grafis
Prinsip Dasar Desain Grafis sudah menjadi rule tersendiri bagi seorang
desainer, kepekaan untuk mempertimbangkan berbagai prinsip desain merupakan
harga mati. Sudah menjadi rahasia umum bahwa hal pertama yang menentukan sebuah
buku itu terjual atau tidaknya adalah dari cover. Hal ini menjadi ajang
kompetisi tersendiri bagi para desainer bagaimana mereka menyampaikan
keseluruhan pesan sebuah buku sesingkat mungkin hanya dari sebuah cover buku.
Untuk itu kita harus mengerti bagaimana prinsip dasar desain grafis, berikut
ini penjelasannya:
Kesatuan
(Unity)
Kesatuan merupakan salah satu
prinsip dasar desain grafis yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam
sebuah karya desain akan membuat karya tersebut terlihat bercerai-berai atau
kacau-balau berantakan yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman
dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan, jika salah satu
atau beberapa unsur rupa mempunyai hubungan (warna, raut, arah dan
lain-lain), maka kesatuan tersebut telah tercapai.
Pada cover buku diatas desain
hard cover berwarna oren dengan tulisan berwarna putih & hitam merupakan
perpaduan monokrom yang bagus. Perpaduan ini ialah kesatuan yang pas untuk buku
motivasi diri yang mana warna oren sendiri melambangkan semangat. Dengan begitu
cover buku diatas sudah menerapkan prinsip kesatuan (Unity).
Keseimbangan
(Balance)
Sebuah karya desain harus
memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan mudah difahami serta tidak
membuat gelisah. Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda
jika semua daya yang bekerja saling meniadakan. Ada dua pedekatan dasar dalam
prinsip keseimbangan, pertama adalah keseimbangan simetris yang merupakan
susunan dari elemen agar merata ke kiri dan kanan dari pusat.
Pada cover buku diatas sudah
menerapkan prinsip keseimbangan, karena desain untuk covernya sudah tersusun
simetris sehingga nyaman dipandang dan mudah dipahami saat pembaca melihat pada
cover.
Proporsi
(Proportion)
Proporsi termasuk prinsip dasar desain untuk memperoleh
keserasian sebuah karya, diperlukan perbandingan-perbandingan yang tepat
untuk menghasilkan desain yang serasi. Proporsi Agung adalah proporsi yang
paling populer dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya
arsitektur. Proporsi dapan dijangkau dengan menunjukkan hubungan antara Suatu
elemen dengan elemen lain.
Pada cover buku diatas juga
menerapkan prinsip proporsi dalam pembuatan desain covernya. Proporsi antara judul
buku dengan gambar orang yang sedang memotong tulisan “i can’t” menjadi “i can”
yang artinya, “saya tidak bisa” menjadi “saya bisa” terlihat simpel tapi
berkelas. Karena, hanya dengan menggunakan satu kalimat pembaca sudah dapat
mengerti pesan dari sang penulis.
Irama (Rhythm)
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus
menerus. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dan
bentuk-bentuk unsur-unsur rupa. Menempatkan elemen dalam sebuah layout secara
berkala memberikan kesan halus, tenang dan santai.
Pada cover buku diatas sudah memenuhi prinsip irama, dapat
dilihat dari pengulangan warna yang digunakan penulis yaitu hitam – putih –
hitam – putih (dominasi warna dari gambar).
Dominasi
(Domination)
Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang
harus ada dalam sebuah karya seni dan desain. Dominasi berasal dari kata Dominance yang
berarti keunggulan, sifat unggul dan istimewa ini menjadikan suatu unsur
sebagai penarik dan pusat perhatian. Dalam dunia desain, dominasi sering juga
disebut Conter Of Interest, Focal Point dan Eye
Catcher. Dominasi mempunyai bebera tujuan, yaitu untuk menarik perhatian,
menghilangkan kebosanan, dan untuk memecah keberaturan, biasanya ditengarahi
dengan emphasis.
Pada cover buku diatas terdapat penerapan unsur dominasi
yang halus dan menarik perhatian. Pada cover terdapat watermark timbul berupa nama
penulis dan judul dengan pemberian warna
hitam dan putih seirama yang memberikan kesan anggun.
Referensi
Jago Desain. 2021.
Prinsip-prinsip Desain Grafis https://www.jagodesain.com/2017/06/prinsip-desain-grafis.html (diakses 8 Mei 2021)
Suyanto. 2004. Aplikasi
Desain Grafis untuk Periklanan. Penerbit Andi, Yogyakarta.